WAMPU RIVER RAFTING

Sungai Wampu mengalir melintasi dua kabupaten di Sumatera Utara yaitu Kabupaten Karo di bagian hulu dan Langkat di bagian hilir.  Start point Arung jeram di sungai Wampu berada di Marike. Untuk komersial trip dengan 2,5 - 3 jam pengarungan menempuh jarak lebih kurang 13 km dimulai dari desa Cangkolan hingga finish di Pamah Durian. Sedangkan long trip section perjalanan masih dilanjutkan lagi hingga jembatan bohork dengan menempuh waktu 5 - 6 jam pengarungan dari Cangkolan,
 
Berarung jeram di sungai Wampu,  memberikan pengalaman yang berbeda dengan sungai-sungai lainnya di Sumatera Utara. Sungai ini menawarkan keindahan panorama yang unik dan menarik. Selesai safety briefing oleh pemandu, baru memulai pengarungan, para wisatawan disunguhi pemandangan indah berupa lembah tebing batu yang dalam. Tebing di kiri kanan sungai membentuk canyon yang sunyi, hanya suara air sungai yang terdengan jelas memasuki lembah ini. Tidak lama kemudian pemandupun  menepikan perahu dan mengajak wisatawan untuk menikmati kehangatan sumber air panas alami  dengan bau belerang yang masih tercium. Lokasi air panas ini berada di tepi sungai. Lokasi yang terpencil dan berada dilembah dan hanya dapat dicapai dengan berarung jeram.  Kesempatan merendam kaki dan mencebutkan diri di air hangat tentu tudak akan dilewatkan begitu saja. Aliran air belerang yang panas yang masuk ke sungai Wampu menjadikan air di tepi sungai menjadi hangat. Puas merendam badan di air belerang yang hangat, jeram buluh nipis dengan tingkat kesulitan 3 siap menghadang perahu dan dapat saja membalikkan perahu jika para awak tidak kompak dalam mendayung. Kesigapan pemandu dalam melakukan manuver membuat  tantangan ini semakin mengasyikkan dan memacu adrenalin.

Perjalanan masih disunguhi lagi dengan kiendahan air terjun di tepi sungai. Air mengalir melebar  menyapu bebatuan yang menonjol tidak beraturan, membuat air jatuh bertingkat-tingkat ke hingga ke sungai. Seakan waktu menjadi penghambat untuk memuaskan badan yang dihujani derasnya air yang jatuh ke sungai. Satu demi satu obyek yang menarik ditampilkan alam dalam perjalanan menuju finish, termasuk kesempatan untuk mandi dan menceburkan diri di sungai kecil yang jernih yang mengalir dari Taman Nasional Gunung Leuser. Tidak terasi perjalanan 3 jam mencapai finish point Pamah Durian mengakhiri perjalanan berarung jeram di sungai Wampu. Explore Rafting  mengorganisir perjalanan ini dengan begitu baik, termasuk menyediakan makanan yang cukup menggugah selera yang telah disiapkan di Mess PTPN II di Marike. 

Air Terjun Sungai Wampu


Komentar