Rafting Sungai Buaya, Bangun Purba

Satu lagi sungai di Sumatera Utara yang menarik dan menantang untuk diarungi. Sungai Buaya, buka berarti di sungai ini terdapat banyak buaya. Ini hanyalah nama untuk sebuah sungai yang mengalir dari kawasan hutan di Kabupaten Simalungun yang melintasi  daerah Deli Serdang. Sungai ini merupakan salah satu sungai di Sumatera Utara yang layak untuk diperhitungkan sebagai salah satu tujuan wisata arung jeram.

Karakteristik sungai yang tidak terlalu lebar, dengan air yang mengalir jernih diantara bebatuan yang terkadang melintasi celah tebing batu di kiri kanan sungai dengan relif-relif unik yang terukir secara alami oleh gerusan aliran air. Dengan tingkat kesulitan jeram berkisar  pada kelas 2 – 3  serta debit sungai yang cenderung stabil sungai ini relatif aman untuk diarungi. Mengarungi sungai ini akan dihadapkan pada tantangan jeram-jeram yang bervariasi dan dapat memacu adrenalin.

Untuk mencapai sungai ini, tidak terlalu jauh, berkisar 2 jam dari kota Medan melintasi kota Lubuk Pakam kearah Desa Bangun Purba. Peserta akan berkumpul terlebih dahulu di Pantai Salju untuk mendapatkan pengarahan dari operator rafting dan memakai perlengkapan keselamatan. Rute yang biasa diarungi adalah sejauh 7 km dengan titik start dari Desa Pagar Manik dan berakhir di Desa Beganding.  Sebaiknya   yang berminat berarung jeram di sungai ini melakukanreservasi terlebih dahulu, dan sampai di lokasi pada pagi hari sehingga dapat menikmati suasana petualangan dengan waktu yang cukup dan menikmati makan siang di tepi sungai pada waktu yang tidak terlalu siang., Silahkan nikmati petualangan yang seru ini bersama Explore Sumatera.




Komentar